Weekend Ke Pantai Apa Ke Bukit? di Pantai Menganti Kamu Bisa Dapat Dua-duanya!



Sebenarnya ragu mau nulis soal pantai yang jadi highlightnya pariwisata Kabupaten Kebumen ini.  Bingung mau nulis apa. Makanya saya salut sama traveler yang bisa menulis info detail tentang tempat yang baru saja ia kunjungi. Kalau saya misalnya, dimintai arah menuju Pantai Menganti ini, paling saya jawab, "ya embuhlah." Saya cuma ingatnya untuk menuju pantai ini kamu mesti melalui banyak tanjakan, turunan, dan kelokan. 

Selain itu, saya juga mengingat Pantai Menganti sebagai pantai yang bikin bingung. Pasalnya, yang pertama ditemui setelah loket adalah pantai nelayan yang bau amis. Bisa aja wisatawan yang ga tau dan ga kepo, bakal nyangkut di sini sambil mikir, "wes adoh-adoh, tibak e mek ngene tok." Padahal masih area Pantai Menganti masih sangat luas.

Lembah Menguneng -daya tarik utama Pantai Menganti- masih berada di atas lagi, dekat dengan area homestay dan Camping Ground Gupakan Kebo. Bisa dibilang alasan kenapa Menganti begitu istimewa adalah karena pantai ini tak hanya menyuguhkan keindahan sebuah pantai tapi juga memadukannya dengan hijaunya lembah dan perbukitan. Ditambah dengan banyaknya gazebo yang bertebaran di sekitar lembah, pemandangan Pantai Menganti semakin instagramable. Satu point plus lagi, pantai ini juga merupakan spot sunset, tepatnya di batu karang selepas Jembatan Merah Gebyuran. Intinya, daripada kelamaan mikir weekend ini mau main ke bukit apa ke pantai, mending cus ke sini aja, bisa dapat dua-duanya!