Nyetreet di Kotagede, Menyusuri Pesona Kota Tua



Diantara empat belas kecamatan yang ada di Kota Jogjakarta, mungkin yang paling sering jadi tujuan para wisatawan adalah Kecamatan Kraton, Kecamatan Gedongtengen dengan Malioboro dan penginapan-penginapan murahnya, serta Kecamatan Mergangsan yang terkenal berkat Kampung Turis Internasional Prawirotaman. Namun jika kamu termasuk wisatawan yang lebih suka wisata sejarah budaya atau hobi motret kota tua dengan suasana tempo dulu, lupakan saja tiga kecamatan itu dan pergilah ke Kecamatan Kotagede. 

Jangan kira Kotagede cuma punya Makam Raja-raja Mataram, Masjid Gedhe Mataram, dan pengrajin perak. Cobalah berjalan di perkampungannya, ada banyak hal menarik yang akan kamu temui. Seperti Kampung Dhondongan yang merupakan tempat tinggal para abdi dalem Dhondong, Dalem Sopingen pusat ruang publik egaliter di mana para tokoh kebangkitan nasional dan pimpinan komunis pernah berpidato, Wedang Seliran bakul jamu tradisional yang proses pembuatan jamunya bisa kamu lihat dari awal, serta jajanan tradisonal yang berjejer menggiurkan di Kios Pasar Kotagede. Semuanya masih dalam balutan kesederhanaan khas Kota Tua. 

Bangunan-bangunan yang ada di Kotagede bakal memanjakan mata penikmat arsitektur tempo dulu. Tak heran kalau sekarang Kotagede sering dipakai jadi lokasi foto prewed. Masuk ke dalam gang-gangnya bakal bikin kamu lupa kalau kamu sedang berada di tengah sebuah kota modern. Gimana, ga pengen foto-foto disini?