Tips Traveling Budget Mepet


Saya pernah bilang, kalau menyangkut traveling biaya bukanlah halangan utama melainkan rasa takut untuk keluar dari zona nyaman. Saya bilang gitu, soalnya menurut saya masalah biaya bisa diakalin, tapi rasa takut susah ngalahinnya. Nah, saya pengen share beberapa hal yang saya lakukan untuk mensiasati biaya perjalanan. Memang sih belum tentu tips ini cocok untuk kamu, soalnya gaya berpergian tiap orang beda-beda. Tapi kali aja ada satu dua point yang berguna. Nih, ini dia :

Pilih Tanggal
Sebisa mungkin hindari tanggal merah. Akhir pekan, harpitnas, apalagi libur panjang adalah big no. Mulai dari penginapan, rental kendaraan sampai tiket masuk semuanya bakal naik. Lagian ga enak tau berpergian pas libur panjang: antri, desak-desakan trus endingnya background fotomu kepala orang semua. Saya biasanya jalan-jalan ke wisata alam pas hari kerja, biar sepi. Sabtu dan Minggu saya pergi ke tempat wisata yang tidak populer semacam candi dan museum, atau sekalian memotret keramaian pasar. *Tapi kalau kamu memang liburnya cuma pas libur panjang... ya mau gimana lagi, terima nasib aja ya. Puk puk puk.
Main di pasar juga cetar

Seleksi Opsi Penginapan
Penginapan termasuk pengeluaran yang besar. Kalau kamu tipe yang ga sungkan nginap di rumah orang, cari kenalan yang berdomisili di kota tujuanmu dan bersedia jadi host. Ga mau ngerepotin orang? pilih penginapan yang murah. Bisa hostel model dormitory (satu kamar dengan ranjang tingkat untuk beberapa orang), losmen, hotel kelas melati, atau kost harian. Saya pribadi memilih kost bulanan karena saya berpergian dalam waktu lama. Kost saya di Tulungagung, tarifnya 450rb/bulan dengan fasilitas springbed, meja rias, lemari dan kamar mandi dalam, posisinya pun strategis di tengah kota. Dengan budget segitu andai saya tinggal di penginapan yang tarifnya 50rb/hari, saya cuma bisa bertahan sembilan hari. Untungnya lagi tinggal di kostan, kamu bisa menggunakan fasilitas yang ada misalnya dapur (bisa ngopi hemat) dan setrika (irit biaya laundry).

Kamar kost di Bago Tulungagung
Trik Makan Minum
Lain dengan Kalimantan, kalau di Jawa makin ke kampung makanannya justru makin murah. Saya biasanya berhenti makan di tengah perjalanan menuju objek wisata. Waktu mau ke Ranu Gumbolo, saya sarapan soto ayam dan es campur cuma habis 7500 rupiah, pulangnya mampir makan siang nasi pecel dan teh hangat seharga 7000 rupiah, murah kan? Saya juga meratiin tempat makan di sekitar tempat nginap yang selalu rame pas jam makan. Tempat makan yang rame itu biasanya kalau ga murah, enak, porsinya gede. Soal minum, saya beli air mineral botol isi 1500ml berikutnya botol kosongnya saya bawa ke isi ulang, cuma 500perak perbotol. Biasakan juga bawa air putih kemana-mana, biar ga beli mulu. 
Special tapi murah
Bawa dari Rumah
Printilan kecil semacam tisu, deodorant, peralatan mandi, kalau memang di rumah masih ada stoknya, bawa aja. Memang kita sering mikir, ah ntar beli aja di kota tujuan. Tapi kalau memang ada, ngapain beli? Mending uangnya buat yang lain. Seandainya memang perlu beli sesuatu, browsing atau tanya penduduk lokal di mana tempat yang jual murah. 

Persiapan Matang
Kalau kamu bikepacking, cek kendaraan. Jika ada yang bermasalah, diganti atau diperbaiki dulu di kota asal. Saya mesti muterin Tulungagung buat nyari tukang stel velg dan juga tukang las buat ngelas bracket box motor yang patah. Boros waktu. Kalau kamu pake google maps, download area yang akan kamu kunjungi, supaya bisa kamu akses saat offline. Selain buat ngirit data, kadang di wilayah tertentu ga ada sinyal. Ingat juga untuk beli barang yang kamu butuhin selama di perjalanan. Saya males mau beli holder gps hape, padahal harganya cuma 45rb. Ujungnya hape saya jatuh pas di perjalanan dan saya mesti keluar uang lebih buat ganti kacanya yang retak. Prepare is a must.
Nyari tukang stel velg dari ujung ke ujung

Mastering Art of Small Talk
Hobi ngobrol dan cepat akrab dengan orang baru di perjalanan itu banyak gunanya. Gara-gara ngobrol, porsi saya ditambahin sama penjual makanan, saya dikasi tau spot wisata yang ga mainstream oleh penduduk lokal, dikasi bekal sama ibu-ibu yang lagi piknik, pernah juga ditebengin dari airport sampai ke penginapan oleh orang yang duduk di sebelah saya di pesawat. Tapi bukan berarti lengah, tetap waspada dan ingat untuk selalu percaya ke feeling kamu. 

Mas Roso ini pernah kerja di Ketapang, Kalbar
Minimalkan Oleh-oleh
Pos ini makan anggaran loh. Sebenarnya teman atau keluarga yang pengertian, ga bakal minta yang macam-macam. Tapi yang ga pengertian bakal banyak maunya, saran saya : jangan diturutin. Kasi oleh-oleh semampunya kamu. Gantungan kunci atau makanan yang bisa dimakan bareng sah-sah saja. Toh enggak dikasi juga ga dosa.

Keluar Pagi
Kenapa coba? Soalnya yang jaga pos tiket objek wisata alam biasanya belum datang, hehehehe.