50 Foto Pilihan : Grebeg Besar Keraton Jogjakarta


Untuk photographer, terutama yang cinta mati sama budaya lokal, motret kebudayaan Jogja pastinya berada di bagian atas todolist. Beruntung sekali selama saya berada di Jogjakarta pada bulan Agustus-Oktober, ada banyak sekali event budaya di Jogjakarta. Mulai dari Grebeg Besar, Mubeng Benteng, sampai rangkaian acara ulang tahun Jogjakarta yang ke-261. Senang bisa melihat kesepuluh bregada Prajurit Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat yang cuma tampil beberapa kali dalam setahun. Tak kalah istimewa pula rasanya ketika saya termasuk orang-orang pertama yang menikmati lenggangnya Malioboro tanpa PKL saat Reresik Malioboro diujicobakan untuk pertama kalinya.

Nah ngomong soal grebeg, grebeg besar tahun ini diberi tajuk : Hajad Dalem Garebeg Besar Je 1950. Bisa dibilang inilah event pertama yang membuat saya ngerasa overwhelmed. Saking banyaknya yang mau difoto sampai ga tau mau moto apa. Makin panik ketika ngeliat para fotographer dengan lensa ala teropong bintang yang sepertinya tau persis apa yang harus difoto. Baru bisa kalem saat saya mutusin buat nonton ajalah, urusan foto nomer tiga ratus sekian.

Buat kamu yang pengen nonton grebeg tapi belum kesampaian, mungkin foto-foto dibawah ini bisa jadi pengobat rindu atau pemacu semangat supaya kamu ga kelewatan grebeg berikutnya. Ayo semangart!