Tips Nyaman Memotret di Keramaian


Sama seperti bicara di depan umum, buat sebagian orang memotret di tempat umum pun tak kalah susahnya. Gugup, malu, takut, ga pede, pokoknya perasaan yang ga ada enak-enaknya itulah yang sering dijadikan alasan. Nah, buat kamu -entah kamu blogger yang lagi ngereview cafe atau fotographer amatir yang baru mau nyoba nyetreet- saya pengen sharing sedikit tips biar motret di tempat umum terasa lebih nyaman :

1. Be confidence. Yakinkan diri kalau kamu ga sedang ngelakuin sesuatu yang salah. Kamu bukannya mau ngerugiin orang lain atau ngelakuin tindak kriminal, kamu cuma mau motret and nothing wrong with that. Malu? Ngapain mesti malu coba, emang kamu motretnya ga pake baju? Jangan takut juga, kamu ga bakal masuk penjara cuma gara-gara motret di pasar, di cafe atau di tempat umum lainnya, jadi ayo nyantai aja. *Well, lain ceritanya kalau tangan satunya motret, tangan satunya buka-buka laci kasir. 

2. Be casual. Saya pernah ditegur pas nyetreet bareng fotographer dari Walkingalam, gara-garanya waktu itu saya pakai buff nutupin muka ala-ala ninja gitu. Itu bakal narik perhatian orang, sementara ketika memotret di jalanan kita mesti melebur dengan keramaian. Memakai pakaian berwarna gelap, menggunakan kamera kecil, dan berjalan sesuai ritme orang sekitar adalah sebagian dari trik. Memotret di cafe juga sama saja: gerakan yang santai, memotret dari sudut yang tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain, tidak menggunakan flash berlebihan dan mematikan suara kamera bisa membantu.

3. Be calm. Kalau ternyata si objek foto sadar lagi kamu foto, senyumin aja. Tinggi kemungkinan orang itu bakal senyum balik, ini Indonesia mas bro... orangnya ramah-ramah. Selanjutnya kalau kamu mau, kamu bisa minta izin buat motret orang itu. Pengalaman saya 10 dari 10 orang yang saya tanya, 'boleh saya foto ya?' mengiyakan. Tapi kalau kamu lagi ga mood buat senyum atau orangnya pasang muka ga bersahabat atau tiba-tiba ada banyak orang meratiin kamu? Pasang muka datar dan jangan buru-buru turunin kamera, terusin aja motret sekitar. Orang pada akhirnya bakal bosen ngeliatin kalau kamu tetap motret selama minimal tiga menit. *Kecuali kalau kamu motretnya sambil kayang tentunya. 

4. Be smart. Untuk mendapatkan hasil yang natural, saya sebisa mungkin menghindari kontak mata dan lebih milih untuk 'mengawasi' si objek foto melalui lcd kamera. Setting shutter speed minimal 1/200 supaya foto tak blur. Selain itu berlatihlah memotret dari arah pinggang, itu bakal berguna ketika ada moment yang menarik tapi 'nyungkani' kalau di foto terang-terangan, misalnya orang yang lagi berargument. Moment seperti ini jangan pernah kamu foto blak-blakan, bisa-bisa mereka malah kompak nyamperin kamu. Merekanya enak bisa baikan, lah kamunya jadi peyek.

5. Be happy. Apapun yang kamu lakukan, bahagia tetap nomer satu. Semangat kakak!

Lokasi : Pasar Ngemplak Tulungagung
Ps : Pas motret di sini saya rada heran kok banyak orang meratiin, padahal perasaan pake baju biasa aja. Lupa kalau lensa kacamata saya itu tipe yang berubah warna kalau di luar ruangan. Pantes aja diliatin, aneh amat pake kacamata item masuk pasar tradisional. Turis? mau borong mak cik?