Pelayanan Smartway Indonesia Tours (@smartway.id) Payah

Beberapa hari yg lalu, saya kedatangan tamu dari Kalbar yang pengen lihat sunrise Bromo. Tgl 22 Des kmrn akhirnya kami berangkat menggunakan jasa Smartway Indonesia Tours (@smartway.id). Dari pas booking sudah agak ngerasa 'bad feeling'. Dikatakan cs yang sekaligus juga owner dari @smartway.id, rombongan yg berangkat malam itu berjumlah 9orang dibagi dalam dua jeep. Rombongan saya lima orang, logikanya satu jeep berisi lima orang rombongan kami, satu jeep lagi empat orang. Tapi cs bilang, jeep kami isinya enam orang alias dicampur sama orang lain. Kalau saya mau jd private trip harus bayar tambahan 150rb, saya nolak, pikir saya gpp deh ketambahan satu orang lain. Pas saya telpon nomer supir Jeepnya yang dikasi sama si cs, kata si supir emang jeep itu isinya rombongan kami doang. Empat lainnya di jeep satunya. Trus si cs ngapain tadi minta tambahan 150rb segala kalau kami mau sejeep berlima?

Yang paling bikin ga enak hati lagi... Sewa jeep doang kan 1jt. Sementara paketan 300rb per-orang, katanya include sewa jeep, tiket masuk, welcome drink, sama breakfast (yang katanya adalah mealbox bukan roti atau mie instan). Biar ga ribet kita pilih paketan, bayar 1.5jt buat lima orang. Di tengah perjalanan kita masing-masing dikasi satu aqua kecil dan satu s*ri roti yang harga 4500rupiah sama pak supir. Saya pikir maybe ini service tambahan dari @smartway.id. Tapi, sampai di penanjakan kok ga ada welcome  drinknya. Trus sampai setelah kita perjalanan pulang pun kok tetap ga dikasi sarapan. Nanya ke supir, katanya dia cuma dititipi ya itu.. roti ma aqua. Duh kacau.

Padahal kita pilih paketan, karna ga mau repot soal sarapan, ga sempat nyiapin bekal, sementara tamu saya lebih milih nasi lengkap ketimbang mie instan yg pastinya banyak tersedia di Bromo buat sarapan. Walau sebenarnya kita tau sewa jeep doang itu 1jt dan tiket masuk buat berlima 160rb. Akhirnya saya komplain. Kata si Cs, dia ngira rombongan kami pake paket yg 270rb/orang, padahal pas booking ga ada tuh ditawarin paket harga segitu.

Saya tanya trs gimana solusinya, eh dianya cuma mau balikin uang 100rb. Orang bego juga bisa ngitung, bayar paket 300rb, dikasi service 270rb, ya berarti kurang 30rb per-orang, dikali lima. Masa dari ganti rugi aja masih mau ambil untung? Belum lagi kalau dihitung ketidaknyamanan tamu saya, juga rasa malu dan ga enak saya ke tamu. Ga bisa deh ditukar dengan 100rb! @smartway.id is a suck way to explore Bromo. Not smart at all.